Vidia Octavia Fradiansyah

Salah satu museum di Bgoro (Foto : Octavia Fradiansyah)
Marhaen, Bogor - Museum adalah sarana blajar untuk masyarakat, bukti sejarah, informatif yang bersifat fakta. Bahkan lebih dari itu, museum mempunyai nilai-nilai budaya yang mampu membentuk jiwa nasionalisme, serta memahami arti jari diri bangsa. Museum juga bisa digunakan sebagai media yang universal untuk pelestarian warisan budaya.

Cerita-cerita masa lalu yang bisa di pelajari dan berbagai karya seni pun bisa dinikmati,  merupakan sesuatu yang menjadi daya tarik tersendiri di museum. Apalagi, di Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan dan sejarah nan Berbeda-beda dari setiap daerah.

Sayangnya, keberadaan museum di Indonesia kurang diperhatikan. Banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa pergi ke museum itu kuno, membosankan dan terkesan menuakan diri. Bahkan anak muda saat ini lebih bangga pergi ke Mall dibandingkan mengunjungi saksi bisu dari sejarah bangsa ini. Inilah presepsi yang salah.

Berbeda dengan di Eropa, Jepang dan Amerika, museum selalu ramai pengunjung yang tidak hanya sekedar jalan-jalan, namun menambah pengetahuan, tak ayal museum di luar Indonesia selalu menjadi tempat yang diagendakan wajib bagi setiap pelajar.

Hampir di setiap kota memiliki museum dengan ciri khas yang berbeda. Hal ini tidak lain karena setiap kota memiliki cerita dan budaya berbeda. Disitulah letak keunikan Indonesia yang terekam melalui museum saja.

Belajar tentang sejarah dan rekam jejak pendahulu kita. Semakin mengetahui sejarah Indonesia, semakin cinta kita terhadap negeri sendiri. Tak kenal maka tak sayang, begitulah julukan yang tepat untuk generasi muda yang menganggap cinta Indonesia namun tak mengerti sejarah.

Oleh karena itu, yuk berkunjung ke museum. Menggali dan menikmati bagian dari objek sejarah negeri ini. Hidupkan sejarah, terangkan pengetahuan, cintai museum dan gerakan Indonesia. Yang muda, mari beraksi!