Rizky A



foto:google
Mengantuk merupakan hal manusiawi yang semua orang pasti mengalaminya setiap hari, jika rasa kantuk sudah mulai datang solusi terbaiknya yaitu segeralah tidur, tetapi adakalanya mengantuk justru datang di saat sedang belajar, bekerja, seminar, rapat dan tentunya di situasi yang mengharuskan seseorang untuk tetap fokus dan fit. Rasa kantuk tentu saja ada obatnya, dengan pola hidup sehat yang tentunya diimbangi dengan fikiran yang sehat, berikut tips-tips bagaimana mengurangi rasa kantuk dan agar tetap fit dan segar setiap hari.

1. Menjaga Kualitas tidur
Tidur merupakan hal yang paling menyenangkan didalam hidup ini, lelah bekerja dan pusing berfikir bisa sedikit diringankan saat tidur, namun apakah tidur itu berkualitas atau tidak tentu bisa dilihat dari keesokan harinya saat terbangun. Tidur berkualitas ialah dimana jam tidur teratur (8 jam) tidak kurang dan tidak lebih. (Itu sesuatu yang disarankan)

2. Stop ngemil atau makan berat saat mau tidur
Suasana yang dingin, sepi dan tentram melanda setiap malam dan saat itu pula rasa lapar mulai menghinggapi, disitulah asal mula setan berbisik dan berkata "makan", stop!! Jangan ikuti, kebiasaan makan saat mau tidur membuat kerja organ tubuh menjadi bekerja ekstra di malam hari dan tentunya juga sudah bekerja di siang hari, organ dalam pun membutuhkan istirahat untuk bisa tetap bekerja keesokan harinya. Alangkah lebih baik jika ingin makan malam yaitu 2 jam sebelum tertidur sehingga ada jeda waktu dan memberi kesempatan untuk organ dalam bekerja dan beristirahat sehingga keesokan harinya bisa lebih fit dan segar.

3. Minum Air mineral
60% dari berat tubuh manusia adalah air, coba banyangkan bangaimana jika kita kekurangan air atau dehidrasi, tentunya hal itu bisa berefek langsung pada diri kita, maka dari itu pentingnya meminum air mineral minimal 8 gelas/hari dapat membantu agar tetap fit dan segar.

4. Banyak bergerak, berbicara, dan berdiskusi
Shake your body!! Gerakan sedikit tubuh  jika rasa kantuk datang, berbincang dengan teman sebelah atau sedikit bercengkrama, atau ikut masuk dalam diskusi kelompok atau materi yang ada, tentunya hal tersebut dapat membantu melupakan keinginan kamu untuk tidur.

5. Olahraga teratur
Hal ini tentu disarankan karena termasuk dalam pola hidup sehat sehari-hari, olah raga ringan seperti lari atau sekedar mengayun-ayunkan lengan dapat membantu mengurangi sedikit rasa kantuk.

Semoga tips ini dapat membantu agar bisa tetap fokus dalam melakukan kegiatan sehari-hari, ingat !! "fokus adalah salah satu kunci sukses", jadi tetaplah hidup sehat agar bisa fokus.. terima kasih.