(Foto : Pentas Seni Tari Kendoeri Kampoeng Kemajoran 2/DT)

Marhaen, Jakarta - Warga Kemayoran kembali menggelar acara Kendoeri Kampoeng Kemajoran 2 bertema "Betawi Cinta Budaya Bangsa" berupa Pagelaran Seni Budaya Betawi dan Nusantara  di Area Patung Ondel - Ondel Jl. Benjamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. (23/09)

Kendoeri Kampoeng Kemajoran Jilid 2 tersebut diselenggaran untuk mengenang Almarhum H. Benyamin Sueb sebagai tokoh seniman Indonesia dan putera Betari dari Kemayoran serta alternatif pagelaran seni budaya.

(Foto : Sambutan Biem Sueb putra ketiga dari almarhum Benyamin Sueb/DT)
"Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan pada tokoh seniman H. benyamin Sueb, sebagai putera Betawi dari Kemayoran atas kontribusinya pada dunia seni dan budaya Indonesia. Selain itu, acara seni dan hiburan yang disajikan juga bertujuan memberikan alternatif sebuah Pagelaran Budaya Betawi dan Nusantara dengan konsep yang berbeda," jelas Ratu Yunita selaku Ketua Panitia Kendoeri Kampoeng Kemajoran Jilid 2.

(Foto : Pertunjukan Pencak Silat sebagai salah satu pagelaran seni Kendoeri 2/DT)

Acara Kendoeri 2 berlangsung 2 hari yakni Sabtu & Minggu (23-24 September 2017) yang dibuka pukul 10.00 WIB dengan menyajikan Lenong Betawi, Pencak Silat, Palang Pintu, Tanjidor, Parade Ondel - Ondel, Parade Band Betawi, Keroncong, Diskusi Bendo Sumrah Orkes Betawi, Parade Tari Kreasi Bhineka, Bazar Aneka Produk, Pameran Instansi Pemerintahan & Swasta, Workshop Pembuatan Ondel - Ondel, Fertival Kuliner serta menyajikan Area Permainan.

Adapun dipilihnya Kemayoran sebagai lokasi kegiatan dijelaskan Bang Davi selaku Koordinator Informasi dan Publikasi karena area disekitas patung Ondel - Ondel jalan Benyamin Sueb telah menjadi pusat kegiatan serta memiliki arti khusus pada perkembangan kota Jakarta dan kebudayaan Betawi.

Bang Davi  juga menambahkan harapannya agar Kendoeri Kampoeng Kemajoran dapat menjadi event tahunan.
"Diharapkan "Kendoeri Kampoeng Kemayoran Jilid 2" dapat menjadi Event Tahunan yang menjadi kebanggaan Kecamatan kemayoran, dan memberikan kontribusi yang luas untuk kegiatan sosial kemasyarakatan disekitar lokasi acara," ujar Bang Davi (23/09).

(DT/MPH)