Foto-Foto Jurnalistik Dunia kini hadir di Jakarta, lebih dari 50 karya yang memenangi nominasi dalam ajang tahunan penghargaan World Press Photo bagi jurnalis foto seluruh dunia dipamerkan di Pusat Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis Jakarta.

Pameran ini digelar lebih dari 100 kota dan 45 negara setiap tahunnya. Kali ini ada sekitar 4.738 fotografer dari 129 negara yang mengikuti kontes tersebut. Total ada 78.801 foto yang harus diseleksi oleh juri independen.

Dalam ajang tersebut, foto yang dinobatkan sebagai World Press Photo of the Year adalah karya foto berjudul Crying Girl on the Border kaya fotografer John Moore. Yang bercerita tentang seorang anak perempuan dari Honduras, Yanela Sanchez yang menangis ketika dia dan ibunya, Sandar Sanchez, ditangkap petugas perbatasan AS di McAllen, Texas, AS.

Dilansir dari Antara, dikatakan bahwa hal itu terjadi setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan nol toleransi kepada imigran. Karena itu ketika para imigran melewati perbatasan Amerika Serikat ditangkap dan dapat dijatuhi hukuman. Akibatnya banyak orang tua yang ditangkap kemudian terpisah dari anak-anak mereka karena harus menjalani hukuman.

Pameran berlangsung pada 6-26 September 2019, foto-foto dalam berbagai kategori lain juga turut ditampilkan seperti lingkungan, alam dan isu kontemporer. Sabtu, (14/09).









Fotografer : Moehamad Dheny Permana