(Foto : Kegiatan penggalangan dana UKM Pramuka Universitas Bung Karno/Revan)

Marhaen, Jakarta  - Rabu, (01/01/20) lalu, banjir melanda Ibu Kota dan sebagian wilayah disekitarnya. Hujan dengan intensitas tinggi telah mengguyur Ibu Kota semalam penuh serta  mengakibatkan sebagian besar wilayah di Ibu Kota tergenang banjir.

Banjir tersebut telah melumpuhkan kota dalam beberapa waktu, juga terputusnya beberapa akses jalan menuju beberapa tempat. Sebagian transportasi juga tidak dapat beroperasi dikarenakan sebagian warga mengungsi di beberapa halte busway terdekat.

Selain lumpuh, banjirpun turut  mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Beberapa barang elektronik warga terendam banjir. Beberapa warga juga mengalami kekurangan bahan makanan selama terdampak banjir. Selain itu, aliran listrik diputus sebagian untuk wilayah terdampak banjir.

Atas dasar kepeduliaan sesama dan pengabdian pada masyarakat, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Bung Karno (Racana UBK) melakukan aksi bakti sosial untuk korban terdampak banjir. Kegiatan tersebut berisi bantuan-bantuan berupa pakaian, alat tulis kantor (ATK), uang, dan sebagainya untuk diberikan kepada korban bencana.

Revand, salah satu anggota dari UKM  pramuka UBK mengatakan,

“Kegiatan galang dana ini kami lakukan dari tanggal 11 - 17 Januari 2020. Target dana kami awalnya Rp. 10.000.000 tetapi dana yang kami dapat hanya Rp. 7.600.000. kami melakukan penggalangan dana dengan berbagai cara mulai dari; mengamen di lampu merah hingga meminta sumbangan sukarela kepada pengendara yang melintas di sepanjang Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Selain itu, bakti sosial ini tidak hanya berupa uang tunai, tetapi juga pakaian, seragam, dan alat tulis lainnya.” ujan Revan, saat ditemui reporter Marhaenpress Kamis, (24/1).

Aksi penggalangan dana ini turut mengundang reaksi positif dari masyarakat sekitar, salah satunya dari mahasiswi UBK.

Yuliana, salah satu mahasiswi UBK sangat setuju dengan diadakannya kegiatan ini dan mendukung penuh secara keseluruhan.

“Saya sendiri sangat setuju dengan diadakannya kegiatan bakti sosial ini, saya yakin kegiatan ini pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak dan juga dapat meringankan beban yang mereka rasakan” tutup Yuliana.

Pewarta : Vadilla Nurhasanah/CA