(Foto: Icon Alun-Alun Kota Depok/Andri)

Marhaen, Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah meresmikan Alun-Alun Kota Depok pada Minggu, (12/01/20).

Alun-Alun ataupun ruang terbuka hijau (RTH) merupakan harapan bagi setiap masyarakat yang bertempat tinggal di perkotaan ataupun di desa, selain sebagai ruang terbuka publik, Alun-Alun atau RTH juga dapat menyerap oksigen yang baik bagi lingkungan di sekitarnya, sekaligus juga dapat  menjadi tempat untuk masyarakat berkumpul, berinteraksi sosial dengan masyarakat lainnya tanpa membedakan latar belakang apapun.


(Foto: Lapangan basket dan futsal juga tersedia di Alun-Alun Kota Depok/Andri)

Akbar Musaji petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok menjelaskan bahwa Alun-Alun masih dalam tahap uji coba, Selasa, (21/01/20).

"Alun-Alun Kota Depok ini sebenarnya masih dalam tahap uji coba namun sudah sangat ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai tempat," tuturnya.

Akbar juga menambahkan dalam proses pembangunannya, Alun-Alun Kota Depok ini mengalami dua tahapan.

"Tahapan pertama di kerjakan pada pertengahan 2019 lalu ,dan tahapan kedua masih terus berjalan hingga saat ini serta akan rampung sepenuhnya pada awal maret 2020 nanti," tambahnya.

Di lansir dari laman Kompas.com, Pemkot Depok telah menghabiskan anggaran biaya sekitar Rp 360 miliar untuk pembangun Alun-Alun Kota Depok dari dana Anggaran pendapatan, dan belanja daerah (APBD) Kota Depok.

(Foto: Fasilitas skatepark yang ada di Alun-Alun Kota Depok/Andri)

Dari pantauan reporter Marhaenpress  Alun-Alun Kota Depok yang baru beroperasi ini menyediakan cukup banyak fasilitas seperti; area skatepark, lapangan basket, area bmx, serta tempat ibadah.

(Foto: Di Alun-Alun Kota Depokpun tersedia outdor gym/Andri)

Untuk jam operasional nya sendiri Alun-Alun di buka setiap hari senin - jumat pukul 06:00-19:00 WIB.
Sedangkan hari libur sabtu - minggu dibuka dari jam 06:00-21:00 WIB.

Penulis : Andri Wahyudi Nasution
Editor   : Chaerul Anwar