( Sumber foto : Google )


Marhaen, Jakarta - Bulan Ramadhan ini memberikan kesempatan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk memperbaiki diri, memperbanyak ibadah, dan juga meningkatkan rasa syukur. Menahan haus dan lapar dari terbit fajar hingga terbenam matahari adalah salah satu kewajiban umat muslim di bulan Ramadhan. Tentunya, hal ini menyebabkan mereka yang berpuasa seringkali harus menyesuaikan kegiatannya sehari-hari, termasuk dalam hal olahraga.


Kemudian untuk menghemat energi selama berpuasa, banyak orang yang mengurangi jadwal olahraga atau bahkan berhenti total selama bulan Ramadan. Padahal kita tidak bisa menjadikan puasa sebagai alasan untuk berhenti berolahraga. Karena kita juga tetap harus menjaga kebugaran tubuh.


Berolahraga di bulan puasa memang terlihat sulit. Namun, jika kita dapat menentukan waktu dan jenis olahraga yang tepat, maka kita tidak perlu sampai berhenti total untuk berolahraga.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar olahraga tidak akan mengganggu ibadah di bulan Ramadan ini. Berikut tips olahraga yang bisa kalian lakukan saat bulan Ramadhan sebagai berikut :

1. Pilih Jenis Olahraga Sesuai Kondisi Tubuh

                              ( Sumber foto : Google )

Dalam berolahraga maka terlebih dahulu memilih jenis olahraga sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Contohnya adalah jalan kaki, yoga, atau bersepeda santai. Olahraga ini dapat dilakukan selama sekitar 30 menit. Jenis olahraga ini tidak hanya bermanfaat untuk membakar kalori, tetapi juga menghilangkan stres dan meningkatkan kebugaran.


2. Tentukan Waktu

    ( Sumber foto : Google )

Tips olahraga saat bulan Ramadhan yang berikutnya adalah dengan menentukan waktu secara tepat untuk melakukan olahraga. Waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa adalah 30-120 menit sebelum berbuka. Jadi, energi yang digunakan saat olahraga dapat segera digantikan setelah berbuka puasa.


3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

 
    ( Sumber foto : Google )

Tips olahraga saat bulan Ramadhan selanjutnya ialah memperbanyak konsumsi air putih. Untuk menghindari terjadinya dehidrasi, Anda dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.


4. Jaga Asupan Nutrisi Harian

  ( Sumber foto : Google )

Tips olahraga saat bulan Ramadhan yang terakhir adalah dengan tetap menjaga asupan nutrisi harian Anda. Sahur dan berbuka adalah waktu sangat penting dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Jenis makanan yang dikonsumsi harus seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Selanjutnya yang tidak kalah penting, jangan melewatkan waktu untuk sejenak istirahat. Pasalnya, untuk menjaga tubuh tetap prima saat bulan Ramadhan ketika waktu tidur harus cukup. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang selama berpuasa terkadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.


Penulis : Suandira Azra Badrianan

Editor : Ayu Gurning