(Foto: saat berlangsungnya ibadah rutin/Devi)

Marhaen, Jakarta - Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), Universitas Bung Karno telah menggelar ibadah rutin perdana di semester ganjil sekaligus penyambutan mahasiswa baru di Aula Fatmawati. Kamis, (15/09/2022).

PMK merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di Universitas Bung Karno, PMK rutin melaksanakan ibadah setiap dua minggu sekali dengan tema yang berbeda setiap pelaksanaanya, pada ibadah perdana mengusung tema “Masa Depanmu Hanya di Dalam Tuhan” Amsal 23:18. Ibadah rutin ini juga terbuka untuk semua mahasiswa beragama Kristen di UBK.

Kegiatan ibadah rutin sebelumnya diselenggarakan di ruang kelas hukum B201 Universitas Bung Karno, namun pada hari H, diinformasikan bahwa kegiatan ibadah dipindah ke Aula Fatmawati, Universitas Bung Karno. Jonathan selaku Ketua PMK mengkonfirmasi bahwa perpindahan tempat untuk ibadah karena diberikannya izin oleh  kampus untuk menggunakan gedung tersebut. 

“Kami pindah karena kami di beri izin untuk memakai fasilitas aula Fatmawati”, tulis Jonathan ketika dihubungi reporter LPM Marhaen via Whatsapp, Sabtu, (17/09/2022).

Sedangkan, untuk fasilitas kegiatan saat ibadah rutin, PMK memperolehnya dari kampus hanya berupa ruang kelas, jika anggota yang mengikuti ibadah kurang dari 50 orang ataupun aula apabila anggotanya berjumlah kurang lebih 50 orang dan kursi untuk para anggota.

Fasilitas-fasilitas tersebut diperoleh dengan menjalankan proses administrasi sesuai prosedur yang telah ditentukan. Namun, fasilitas untuk keperluan ibadah seperti cajon, gitar dan perlengkapan lain tidak difasilitasi oleh kampus, selaras dengan diucapkan Jonathan.

“Selama ini, ketika ibadah kita menggunakan gitar sendiri, cajon juga sendiri tapi untuk piano dan sound itu kita peroleh dari kampus pada saat ibadah besar seperti natal dan paskah,” tuturnya.

PMK sangat mengharapkan dukungan penuh dari pihak kampus berupa fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan dalam ibadah tersebut.

 “Harapannya adalah kegiatan ini lebih di-support lagi oleh pihak kampus dengan mempermudah kami untuk memberikan izin pemakaian fasilitas di kampus seperti aula serta alat-alat lain yang kami gunakan," ucap Jonathan.

Terkait kegiatan rutin lainnya yang diadakan oleh PMK seperti perayaan Natal nanti. Sebelumnya, dari tahun 2020-2021 semua perayaan diadakan secara online karena maraknya virus Covid-19. Namun, untuk perayaan natal 2022 mendatang, PMK tengah melakukan pembentukan panitia dan juga pencarian dana. Jonathan berharap, perayaan Natal tahun ini dapat berlangsung secara offline di kampus seperti sebelum pandemi.



Penulis : Maria Goreti Ceria

Editor : Thomas Budi