Vidia Octavia Fradiansyah


Marhaen, Bogor - Ini penampakan final dari CV yang saya buat.  CV adalah dokumen yang memberikan informasi tentang seseorang baik dari data pribadi maupun pengalaman atau representasi diri. Dibeberapa negara, CV adalah salah satu syarat bagi penerima tenaga kerja untuk menyaring aplikan. Dalam bahasa latin Curriculum Vitae berarti ‘Perjalanan dalam hidup saya’. Tujuan cv adalah agar pelamar mendapat panggilan untuk wawancara.

CV unik dan kreatif juga simbol keseriusan pelamar dan ketertarikan perusahaan. Apakah CV artistik hanya untuk perusahaan yang bergerak dibidang kreatif saja? Seperti Perfilman, Advertising atau Media cetak?  Tentu tidak. 

Kreatif tak harus berlebihan. Unik juga tak harus berantakan. Dalam membuat CV yang kreatif  saya sarankan agar disesuaikan dengan jenis perusahaan. Kreatif boleh, tapi jangan keluar jalur. Karena perusahaan menilai kreatif atau tidaknya CV bukan hanya dengan warna yang mencolok mata, melainkan template atau tata letak yang baik serta tulisan yang mudah dipahami.

Beberapa keterangan yang bisa ditampilkan didalam CV, seperti:
 

        1. Key personal info (Nama, TTL, usia, alamat dan lain-lainm)

        2. Profile (Gambaran singkat tentang diri sendiri)

       3. Employment (Pengalaman kerja)

       4. Education/other skill

       5. Pengalaman Organisasi

       6. Interests (Minat dan Hobi yang relevan)

      7. Additional Information (Prestasi, penghargaan, sertifikat)

      8. Jika perlu tambahkan Social Media dan Blog.

Sudah tidak masanya lagi menggunakan CV yang dibuat berlembar-lembar dan hanya dengan tinta hitam diatas kertas A4. Menurut pengalaman CV yang dikirim dengan model biasa lama mendapat respon dibandingkan dengan CV yang dibuat Artistik.

    ‘Tidak perlu jadi pintar dan hafal semua teori,  jadi KREATIF adalah cara yang membuat seseorang berkembang dan lebih hidup. Intinya Out of The Box and Go Out from Your Comfort Zone.”