Maharani Putri H


Marhaen ,Jakarta - Memiliki kederdasan intelektual (IQ) yang tinggi tentu merupakan dambaan setiap orang terutama pelajar dan mahasiswa pasti ingin mempunyai kecerdasan dan kepintaran yang tinggi. Faktor genetika (keturunan) hanya menyumbangkan sekitar 50% dari IQ seseorang. Maka kederdasan IQ bukan harga mati yang tidak bisa diubah.
Dibawah ini adalah tips meningkatkan daya pikir otak atau kederdasan intelektual :

1. Pertama, harus dimulai dari mana? Yaitu dengan sarapan yang baik. Studi telah menemukan bahwa makan sarapan berguna untuk meningkatkan glukosa darah (yang bertindak sebagai bahan bakar otak)..      
2. Lawan penurunan daya ingat dan pertajam pikiran Anda dengan meningkatkan denyut jantung dan berkeringat setiap hari. Tubuh yang sehat secara fisik juga akan membantu mengatasi stres dan berpikir lebih baik di bawah tekanan, yang keduanya membantu untuk meningkatkan kecerdasan.
3. Menulis dan mereview ulang catatan harian. Catharine M. Cox telah mempelajari 300 orang "jenius" seperti Albert Einstein, Issac Newton, dan Thomas Jefferson, dan menemukan bahwa mereka semua mewajibkan diri untuk membuat catatan harian. Otak tidak akan mengingat semuanya, kecuali jika kita cukup beruntung untuk memiliki memori yang begitu baik untuk itu.

4. Isi ulang baterai mental Anda dengan Beristirahat. Beristirahat singkat dari aktivitas mental berat seperti belajar atau perencanaan bisnis setiap setengah jam atau lebih akan menghasilkan outcome yang lebih baik daripada bekerja secara terus menerus.

5. Belajar seumur hidup. Ketika Anda belajar hal-hal baru, otak akan menciptakan jalur saraf. Semakin banyak jalur saraf yang Anda buat, maka otak akan menjadi lebih cerdas pula.

6. Meditasi. Teknik relaksasi adalah cara terbaik untuk membuat pikiran jernih. Meditasi dapat meningkatkan konsentrasi dan membantu kita berpikir cerdas. Bagi muslim, sholat dan ibadah yang lain dapat memberikan manfaat yang sama bagi kecerdasan otak. Beberapa ajaran agama yang lain pun memberikan tekhnik serupa meditasi yang dapat membantu pula.

7. Belajar bermain instrumen musik. Memainkan alat musik dapat meningkatkan kecerdasan hingga tujuh poin. Rata-rata IQ adalah seratus, jadi tujuh akan sangat berarti ketika Anda menambahkannya dengan segala sesuatu yang Anda dapat lakukan untuk meningkatkan IQ Anda. Tidak perlu menjadi seorang jenius musik, hanya proses berlatih musik akan meningkatkan IQ Anda.
(sumber: www.info-kes.com)