Marhaen, Jakarta – Lembaga Pers Mahasiwa (LPM) Marhaen Universitas Bung Karno gelar acara Recruitment Aktivis Pers Mahasiswa untuk anggota tunas tahun 2016 dengan tema “Membentuk Kader LPM Marhaen Menjadi Aktivis Pers yang Progresif dan Profesional” pada hari Minggu, 26 Februari 2017 sampai dengan 28 Februari 2017 di desa Taman Jaya, Cikendung, Gunung Halu, Bandung Barat, Jawa Barat.

Pemilihan tema tersebut diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Krisna F. Bastomi agar anggota baru LPM Marhaen menjadi aktivis pers yang progress dan profesional.

“Kami pilih tema itu karena kami ingin kader – kader LPM yang baru bisa menjadi pers atau jurnalis yang bersifat aktivis yang mempunyai sikap yang profesional sebagai pers atau jurnalis,” Ujar Krisna F. Bastomi (03/03)

Peserta dari Recruitment Aktivis Pers LPM Marhaen  ini berjumlah 12 orang, namun terdapat peserta yang ijin 5 orang sehingga 7 peserta yang berangkat mengikuti recruitment di Bandung.

Ketua Pelaksana Recruitment Aktivis Pers LPM Marhaen juga mengungkapkan bahwa persiapan dari acara  dan jalannya acaranya yang selama berlangsung 3 hari ini.

“Kita persiapkan acara ini kurang lebih sebulan lamanya dengan konsep yang lumayan matang. Ya..Alhamdullilah acara berjalan sukses, meskipun ada beberapa kendala teknis tapi itu tidak begitu mengganggu kami selaku panitia,” tambah Krisna pada saat dihubungi.

Adapun tujuan dari kegiatan Recruitment Aktivis Pers ini diungkapkan oleh PLT Pimpinan Umum  LPM Marhaen Deny Irawan untuk meningkatkan potensi, mentalitas, dan rasa kekeluargaan.

“ Tujuannya meninggkatkan potensi, mentalitas, dan rasa kekeluargaan dalam berorganisasi untuk anggota – anggota tunas LPM Marhaen agar bisa lebih progresif, lebih mandiri,lebih sadar akan posisinya sebagai seorang jurnalis agar tidak menjadi alat atau politik praktis seperti yang terjadi di media – media belakangan ini,” Ujar Deny Irawan (03/03)

Acara Recruitment ini agenda ke 3 setelah anggota tugas mengikuti Interview, Pelatihan Dasar Jurnalistik yang merupakan agenda rutin tahunan sebelum anggota tunas ditetapkan sebagai anggota penuh sesuai AD/ART.

“Recruitment disini adalah kegiatan tahunan sebagai bentuk pencapaian akhir sebagai anggota tunas LPM Marhaen disetiap tahunnya, agar bisa mendapatkan pengesahan sebagai anggota tetap, setelah melewati tahapan – tahapan yang dibuat oleh teman – teman anggota tetap maupun pengurus,” tegas Deny selaku PLT LPM Marhaen

Deny Irawan atas nama organisasi juga mengungkapkan bahwa selalu membuka ruang baik bagi peserta yang belum bisa mengikuti recruitment tahun ini dapat mengikuti di tahun depan dengan syarat ketentuan mengikuti tahapan dan syarat yang telah dibuat.
 
Selain itu kesan dari peserta terhadap acara Recruitment Aktivis Pers Mahasiswa diungkapkan bahwa dengan acara ini mendapatkan tambahan ilmu.

“Kesan recruitment kemarin itu seru kita juga dapet tambahan ilmu soalnya kemarin banyak materi yang dikasih dari panitia untuk peserta, walaupun saat materi suka ngantuk tapi untuk keseluruhan seru banget,” Ujar Anisah Citra salah satu peserta Recruitment (03/03)