(Foto: Kedai Kopi Papology/NZ)
 Kopi, teman yang baik untuk mengerjakan tugas yang diburu tenggat waktu”

Bagi para pencinta kopi kutipan tersebut mungkin sudah tidak asing lagi, terutama dikalangan mahasiswa. Mendengar namanya saja sudah mampu membangkitkan semangat apalagi dapat membeli kopi segar sesuai dengan kocek yang ada dikantong.

Dibilangan Mega Kuningan, terdapat kedai kopi Papology. Nama Papology sendiri bermula dari kecelakaan.

“Awalnya pingin jualan pancong, pancong nampol singkatnya papol. Tapi karena gagal terus, akhirnya kita jualan kopi. Kita ngga ganti nama karena sudah dikenal di daerah sini” ujar Rizki sang pengelola kedai.


(Foto: Salah satu Kopi Papology/instagram: @papology)
Arabica adalah jenis biji kopi yang dipakai untuk membuat single origin kopi hitam. Biji kopi didatangkan dari tiap daerah di Indonesia untuk mendapatkan cita rasa kopi yang tidak itu-itu saja.
Karena dibuat dengan perasaan cinta, maka dilakukanlah riset dan eksperimen dari beberapa coffee shop untuk mencari keunggulan dari rasa kopi, diclaimlah “es kopi gang” yaitu campuran kopi susu yang menjadi andalan kedai kopi ini.

Tidak hanya sebagai penjual, edukasi pun harus diberikan kepada pelanggan.

“Rata-rata masyarakat Indonesia terbiasa dengan kopi sachet mereka asing dengan biji kopi langsung,  mereka pikir biji kopi dengan kopi sachet sama padahal perbedaannya jauh dari segi alaminya jelas berbeda, karena biji kopi yang diolah langsung akan lebih fresh rasa kopinya tentu lebih bagus dari kopi sachet” tambahnya.

Filosofi kopi yang berbeda-beda menjadikan Rizki Kurnia Zen memiliki filosofi untuk kedai yang dikelolanya “filosofi dari Papology adalah kebebasan orang minum kopi” karena setiap orang memiliki selera yang berbeda dan kopi pun memiliki rasa yang berbeda pula. Ada kopi yang pahit dan ada pula kopi yang memiliki rasa manis.

Karena masalah kopi adalah soal emosi. Pengelola sekaligus barista kedai kopi Papology ini adalah mahasiswa di Universitas Bung Karno Fakultas Ekonomi, memiliki kata-kata motivasi yang sangat sederhana “Semangat. Apapun yang lu lakukan semangat aja” ujarnya sambil tertawa.

Bagi coffee lovers yang penasaran dan ingin menikmati “es kopi gang” yang jadi andalan Papology dan yang pasti dengan harga yang sangat terjangkau ini silahkan datang ke Gg. Kembang no.14 Kuningan Timur, Setia Budi, Jakarta. Selain datang ke kedai, para pecinta kopi bisa memesannya melalui Go-Food. (VNI/DA)