(Foto : Suasana Tes Tertulis Gelombang II Camaba UBK/Vara Nur Isna)
Marhaen, Jakarta – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Bung Karno kembali melaksanakan tes masuk calon mahasiswa baru Gelombang II  yang dilaksanakan pada hari Kamis (24/08/17) di Universitas Bung Karno, Jl. Pegangsaan Timur No.17, Menteng, Jakarta Pusat.


Diadakannya tes masuk tertulis merupakan tahap akhir yang bertujuan menentukan lulus atau tidaknya peserta tes menjadi mahasiswa UBK yang sebelumnya telah menyelesaikan tahap administrasi dan tes bebas narkoba agar mahasiswa baru UBK lebih berkualitas.

(Foto : Ucapan Selamat Datang Peserta Tes Tertulis Camaba UBK/Vara Nur Isna)

Tes masuk Gelombang II tidak hanya diikuti oleh calon mahasiswa baru (camaba) yang berdomisili di Jabodetabek melainkan juga dari berbagai daerah seperti salah satu camaba Dendy (camaba Fakultas Hukum UBK) asal Medan yang memilih UBK karena melihat kualitas kerjasama FH UBK.

“Kalau kesini otomatis harus periksa kerjasamanya dengan siapa, fakultas hukumnya diajar dengan siapa,” Ujar Dendy saat ditemui usai tes tertulis (24/08)

Camaba mengenal UBK melalui berbagai promosi dan informasi dari kerabat atau teman, sebagaimana salah satu camaba Fakultas Teknik yang ditemui mengetahui UBK dari Pameran Education Expo 2017 di Jakarta Convention Center, Kemayoran, Jakarta Pusat pada awal bulan Februari 2017.

“Pertamanya ikut dari pameran di JCC, ayah bilang deket Cikini ada Universitas Bung Karno kenapa ngga coba aja, dan kebetulan kalo ngga salah Pramukanya berjalan ada Mapala juga dan saya seneng kaya gitu,” ujar Frisca saat ditemui di depan kantor PMB (24/08).

(Foto : Suasana Kantor PMB UBK/Vara Nur Isna)

Adapun jumlah peserta tes tertulis pada Gelombang II mencapai 232 peserta, jika ditotal dengan Gelombang I maka jumlahnya 644 camaba, dan masih akan bertambah pada tes susulan tanggal 28 Agustus 2017 sampai akhir bulan September 2017.

“Jadi, temen-temen calon mahasiswa yang tidak bisa ikut tes hari inidia masih bisa ikut tes ditanggal 28 Agustus nanti, sekaligus ada pertemuan yang diwajibkan hadir ke kampus Jalan Kimia nanti ada pengarahan dari Purek III,” ujar Icha salah satu staff PMB (24/08).

Sedangkan jumlah camaba mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 1000 calon mahasiswa baru. (VNI/DA)