(Foto : Paskibraka Universitas Bung Karno/Maharani Putri )



Marhaen, Jakarta – Universitas Bung Karno (UBK) mengadakan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI Ke - 72 bertajuk  “A Year of Challenge : Jangan Sekali – Sekali Melupakan Sejarah” bersama para tokoh nasional pada hari Kamis (17/08/17) pukul 09.40 – 11.00 WIB di Universitas Bung Karno, Jl. Kimia No. 20, Menteng,Jakarta Pusat.

Upacara yang dilaksanakan dihadiri oleh Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) Dr. (HC) Hj. Rachmawati Soekarnoputri, S.H serta para tokoh nasional diantaranya Prabowo Subianto, Amien Rais, dan Rizal Ramli, juga peserta upacara yaitu civitas akademika UBK dan tamu undangan yang dipimpin langsung oleh Drs. Soenarto Sardiatmadja, MBA.,MM (Rektor UBK).

Acara tersebut sebelumnya diawali dengan pemutaran pembacaan naskah Proklamasi oleh Ir. Soekarno, lalu Pengibaran Bendera Merah Putih, Peletakan Karangan Bunga di depan patung Ir. Soekarno oleh Rachmawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto, serta penyampaian amanat oleh Rachmawati Soekarnoputri dilanjutkan dengan sambutan dari Prabowo Subianto dan Amien Rais, kemudian ditutup dengan pemberian cindera mata serta konferensi pers.

Isi amanat yang disampaikan oleh pendiri YPS dalam upacara peringatan Kemerdekaan RI Ke - 72 yakni dengan mengingatkan agar membangun jiwa dan raga mempertahankan Republik Indonesia (RI) dengan 5 hal :
1. Ketahanan Ideologi
2. Ketahanan Pangan
3. Ketahanan Kesehatan
4. Ketahanan Pendidikan
5. Ketahanan Kependudukan

Adapun pengisi acara dalam peringatan detik – detik Proklamasi 17 Agustus 1945 diantaranya Marching Band Canka Garuda Yaksa dan Gema Swara UBK.

Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke- 72 di UBK yang berbeda dari tahun sebelumnya membuat mahasiswa UBK merasakan hal baru.

"Acaranya berjalan dengan sempurna, khitmat, apalagi didatangi dengan Pak Prabowo dan Pak Amien Rais jadi saya baru merasakan upacara yang seperti ini bersama Ibu Rachmawati juga," Ujar Ibnu mahasiswa dari Fakultas Hukum saat ditemui usai upacara (17/07)
 
Ir. Boas P. Panjaitan, MM., MBA selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan persiapan acara tersebut sejak 3 Agustus 2017 yang diintruksikan langsung oleh Pendiri YPS Dr. (HC) Hj. Rachmawati Soekarnoputri, S.H.
(Maharani-Daudia/DA)