(sumber foto: the Italian Cultural Institute Jakarta)
Marhaen, Jakarta - Kedutaan Italia dan Institut Kebudayaan Itali di Jakarta dengan bangga mempersembahkan kembali penampilan konser jazz, dengan musisian Danilo Rea dan Oona Rea pada Rabu (13/09), pukul 19.00 di Pusat Perfilman Usmar Ismail.

Konser dibuka dengan sambutan dari Duta Besar Itali untuk Indonesia yaitu Vittorio Sandalli. Kali ini Danilo dan Oona Rea tampil bersama untuk pertama kalinya pada tur Asia. Dimana disebut-sebut sebagai sebuah konser dua generasi selama tur mereka di Indonesia. Kemudian, Danilo dan Oona Rea akan melakukan sesi jam bersama dengan beberapa musisi Jazz tanah air sehari setelah konser ini selesai. Selain di Indonesia, ia telah melaksanakan konser di Itali, Prancis, Inggris, Amerika Serikat, India, Senegal, dan China.
(foto: Gedung Usmar Ismail Hall/NZ)
Danilo Rea merupakan salah satu pianis jazz terkemuka di Itali, lahir di Vicenza. Dalam karier musiknya Danilo menerima pelatihan musik yang begitu solid, serta mendapatkan gelar dari Santa Cecilia Konservasi di Roma. Debutnya diawali dengan trio di Roma (dengan Roberto Gatto dan Enzo Pietropaoli) pada tahun 1975. Saat ini ia adalah co-leader dari trio DOCTOR 3 ( dengan Enzo Pietropaoli dan Fabrizio Sferra) dan merupakan salah satu grup yang terkenal di Itali.

Diantara artis yang pernah kerjasama bersamanya di atas panggung dan di studio rekaman adalah Chet Baker, Lee Konitz, Steve Grossman, Bob Berg, Michel Breker, Billy Cobam, Aldo Romano, Dave Liebman, Joe Lovano dan yang lainnya. Dibidang musik pop adalah Mina, Pino Daniele, Claudio Baglioni, Fiorella Mannoia dan masih banyak musisi yang lainnya. 

Oona Rea (penyanyi) adalah seorang penyanyi Italian Jazz muda berbakat yang telah lulus dari konservatorium Santa Cecilia di Roma. Ia telah bernyanyi dan bermain bersama dengan artis seperti Danilo Rea (Ayah kandung), Maria Pia De Vito, Paolo Damiani, dan Alfredo Paixao

Oona adalah anggota dari Burnoguala ensemble yang didirikan oleh penyanyi Jazz Itali yaitu Maria Pia De Vito, ia juga telah bernyanyi dengan band musik lainnya, Oona saat ini sedang mengerjakan CD yang akan mencakup lagu baru dan yang belum pernah dirilis bersama dengan pemain gitar dan komposer Italia Luigi Masciari, yang dengannya ia berkolaborasi di banyak proyek Jazz, Rock, dan musik Pop. (MNZ/DA)