(foto:supporter yang menonton lewat layar besar/Irfan)

Marhaen, Jakarta – Walau tak kebagian tiket, tidak berarti mengurangi antusiasme supporter Tim Nasional (timnas) Indonesia U-19 untuk menyaksikan pertandingan Indonesia VS Jepang  melalui layar besar, di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Minggu (28/10/2018).

Pada laga lanjutan Piala AFC U-19 2018 perempat final, minggu sore SUGBK sudah dibanjiri supporter Timnas Indonesia U-19 yang terus berdatangan. Dan hingga menjelang pluit babak pertama berbunyi, sebagian pengunjung belum juga mendapatkan tiket masuk.

Dikarenakan tiket yang disediakan oleh Panitia Pelaksana (PanPel) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) via online telah sold out dua hari sebelum pertandingan dimulai.

Endi Jeska, 38 tahun, warga Kemayoran, Jakarta Pusat, Mengeluhkan sistem pembelian via online, “ onlinenya sangat-sangat susah, dan terbatas pula, dan begitu online dibuka langsung habis yang tujuh puluh lima ribu. Sementara yang seratus lima puluh ribu tinggal sedikit, tapi yang paling banyak yang delapan ratus ribu, nah kita nggak bisa lah yang itu,” Ujarnya di kompleks SUGBK, Area Plaza Tenggara/Gate D.

PSSI selaku panitia pelaksana, sebenarnya membuka penjualan tiket secara online dan offline. Untuk online bisa didapat  di laman resmi PSSI, sedangkan offline bisa didapat di Garuda Store Belezza Permata Hijau dan di Lapangan Blok S. Namun, Panitia Pelaksana mengalihkan semua penjualan tiket dengan secara online.

“Penjualan tiket akan kami alihkan secara online. Ini untuk lebih memudahkan dan menghindarkan antrian panjang supporter. Selain itu, juga untuk alasan keamanan dan kenyamanan,” kata Deputi Bisnis Sekjen PSSI, Marsal Masita, dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (27/10/2018).

Meskipun demikian, tak berarti supporter timnas Indonesia U-19, tidak bisa menikmati jalanya pertandingan Garuda Muda VS Jepang pada Minggu malam. Terlebih ketika panitia pelaksana mengumumkan informasi layar besar bagi pengunjung yang tak bertiket.

“Para pengunjung yang tidak memiliki tiket, kami telah menyediakan layar besar untuk menonton siaran langsung pertandingan antara Indonesia melawan Jepang, layar besar kami sediakan di Area Plaza Timur (Gate E) dan Plaza Tenggara (Gate D),” kata panitia pelaksana melalui pengeras suara, Minggu malam (28/10/2018).

Supporter Timnas Indonesia U-19 yang tak kebagian tiket itu, mulai memadati area Plaza Timur (Gate E) serta Plaza Tenggara (Gate D). Dan dengan serentak mengumandangkan berbagai yel-yel, meski gerimis yang berangin.

“Kita sebagai rakyat Indonesia pastinya mendukung Indonesia, apalagi sekarang tanggal 28 Oktober, bertepatan Sumpah Pemuda. nah ini kan yang main yang muda-muda nih.  Saya berharap banyak sih pada momentum Sumpah Pemuda kali ini untuk Indonesia Jaya,” tutupnya, Endi Jeska di kompleks SUGBK, area Plaza Tenggara (Gate D). (Irfan/MDR)