(Foto:Suasana Dies Natalis Marpala/Dearist)

Marhaen, Jakarta – Unit Kegiatan Mahasiswa Marhaen Pecinta Alam (MARPALA) Universitas Bung Karno (UBK) merayakan Dies Natalis ke – 19 (31/12/018), di kantin Universitas Bung Karno Jl. Kimia No. 20,Menteng, Jakarta Pusat.

Acara ini mengusung tema " Membangun Solidaritas Mapala Se- Indonesia", dimulai pukul 23.00 bersamaan dengan perayaan malam tahun baru.

Ketua Pelaksana Nunung Magfiroh biasa disapa Balu mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah hadir.

"Terima kasih banyak untuk semuanya yang telah rela mengorbankan waktunya, khususnya panitia dan tamu hadirin yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu, tidak mengurangi rasa hormat saya,"tutur Balu
dalam sambutannya.

Untuk membangun solidaritas sesama mahasiswa pecinta alam, MARPALA UBK turut mengundang Mapala dari berbagai universitas diantaranya; MPA KEWANG dari Universitas Kristen Indonesia Maluku,
Mapala Juanda Bogor dari Universitas Juanda Bogor, Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Mapala MERATUS dari Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin,IMPESSA dari Perbanas Institute Jakarta, SWARANAPALA dari Universitas Bina Nusantara, Mapala
BINAWAN dari Universitas Binawan, Mapala CAMP dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan,Mapala STACIA dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, LENTERA dari Universitas Serang Raya Banten,IMPAMI dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia, TRADYAKALA dari Politeknik SekolahTinggi Managemen Industri, KARTEFA, DHARMAPALA dari Politeknik Akademi Pimpinan Pusat, HIMPALA Universitas Islam Attahiriyah.

Dalam acara ini, UKM Teater Cakrawala UBK turut memeriahkan acara dengan menampilkan Musikalisasi Puisi yang dibawakan oleh Mira dan Nadia, kemudian diselingi dengan pemutaran video dokumenter perjalanan MARPALA sejak tahun 2000 sampai 2018. Dan selanjutnya diadakan sesi pemotongan tumpeng.

Zainal Karim mahasiswa semester 7 yang juga menjabat sebagai Ketua Umum menuturkan historis MARPALA, ia mengatakan UKM tertua di Universitas Bung Karno ini mempunyai motto "Tat Twan Asi",kata ini berasal dari Bahasa Sansekerta bila diartikan ke Bahasa Indonesia yaitu aku adalah engkau dan
engkau adalah aku. Jadi apa yang aku rasakan, engkau juga ikut merasakan.
Lebih lanjut Zainal Karim mengatakan UKM MARPALA ini diresmikan oleh Rachmawati Soekarnoputri selaku pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS), begitupun nama MARPALA dan lambang pun diciptakan olehnya.

Dalam struktur UKM MARPALA pada periode 2018-2019 mempunyai 5 divisi yaitu, gunung hutan, panjat tebing, susur goa, arum jeram, dan lingkungan hidup. Pada Bulan November kemarin, telah melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) bagi anggota muda.

Sementara itu, salah satu anggota MARPALA UBK Febrianes Sibagariang mengatakan terkadang kegiatan MARPALA lebih ke arah advokasi dan memberi bantuan-bantuan. Seperti meng-advokasi warga Pulau Pari yang terusir dari tanahnya sendiri, turun ke Lombok ketika telah terjadi gempa, dan peristiwa barubaru ini yang menghantam Selat Sunda, mereka datang ke Banten pasca tsunami untuk memberikan bantuan.

"Jadi bukan hanya sekerdar naik gunung,
panjat tebing, susur goa, yang kami lakukan. Memang kampus kita banyak aktivis lebih banyak vocal, itu poin-poin yang kita utarakan, tapi kita fokus dalam ruang lingkup lingkungan, tidak lebih dari itu". Tutur Febrianes anggota MARPALA. (Irfan F/Ananda Dearist T)