(Foto:para pembicara dalam seminar nasional x opening ceremony mubes BEM fisip/Danu)

Marhaen, Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) gelar Seminar Nasional dalam rangka Opening Ceremony Musyawarah Besar (Mubes) bertema “Menjaga Tenun Kebangsaan” dan subtema “Mahasiswa Dalam Narasi Membangun Sumber Daya Manusia”, di Aula Dr. Ir. Soekarno, Universitas Bung Karno (UBK), Jl. Kimia No. 20, Menteng, Jakarta Pusat. Senin, (28/1/19).

Seminar  yang mulai pukul 09.00 WIB  ini menghadirkan  empat pembicara  yaitu Donny B.U  selaku Staf Ahli Kominfo RI, Chika Hayuningtyas  selaku Soskom Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI), Muhammad Jufri selaku Ketua Bawaslu DKI, dan Fery Sanjaya, M.I.IKOM selaku Akademisi UBK.

Materi pertama membahas tentang Waspada Media Dibanjiri Hoax dan hate speech Menjelang Pemilu 2019 yang dibawakan oleh Chika H. dan M.  Jufri. Kemudian di lanjut dengan materi kedua  membahas tentang Pemuda dan Tantangan  Revolusi Industri 4.0 yang di bawakan oleh Donny B.U. dan Fery S.

Dalam pemaparannya Ketua  Bawaslu DKI mengatakan UBK adalah salah satu kampus yang juga ikut bekerjasama  dengan  Bawaslu DKI dalam pemilu 2014 dan pilkada 2017 lalu.

“Kampus UBK Khususnya FISIP telah bekerja sama atau membuat MOU dengan Bawaslu DKI Jakarta dari pemilu 2014, pilkada 2017”. tuturnya

Fery dalam pemaparannya mengatakan bahwa ia nantinya akan memantau terus mengenai kerjasama ini kepada dekan, karena menurutnya demokrasi  di Indonesia  milik semua bangsa termasuk UBK. 

“Nanti saya mau follow ke dekan, karna UBK juga ikut demokrasi di indonesia”, ujar Fery.

Ia juga menambahkan bahwa para Akademisi UBK khususnya FISIP,  nantinya akan membuat kurikulum yang dimana cocok dengan generasi muda.

“Kita, para dosen ilmu komunikasi akan membuat kurikulum milenial” tuturnya.

Kemudian Staf Ahli Kominfo RI dalam pemaparannya mengatakan saat ini generasi muda  atau kaum milenial menghabiskan waktu  9  jam hanya untuk mengakses internet.

“9 jam dalam sehari generasi milenia banyak menghabiskan waktu untuk mengakses internet” ujarnya.

Acara berlangsung hikmat dan kondusif, para peserta dari berbagai fakultas turut hadir dan tampak antusias dalam mengikuti acara. Selain itu tampak juga Dekan FISIP Franky P.Roring, S.Ip.,M.Si  dan Wakil Rektor III Boas Panjaitan turut serta dalam memeriahkan acara. (Fifiyanti A/MDP)