(Foto: Proses Donor Darah di Bilangan Kampus Pegangsaan/Khansa)


Marhaen, Jakarta – Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur, Program Magister Ilmu Hukum Universitas Bung karno (UBK) menggelar kegiatan Bakti Sosial donor darah di UBK Jl. Pegangsaan Timur No. 17 A, Menteng, Jakarta Pusat. Senin (21/1/2019).

Kegiatan yang mulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB ini berupa bakti sosial dan pengabdian masyarakat, guna memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi.
Bramandaru sebagai Ketua Pelaksana kegiatan ini menjelaskan alasan memilih Bakti Sosial dalam bentuk donor darah.

“Bakti sosial ini kita buat berupa donor darah, karena kita tahu bahwa PMI selalu
kekurangan darah”, tutur Bramandaru.

Khansa salah satu pendonor, yang juga mahasiswi Ilmu Komunikasi semester satu kelas reguler pagi turut mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Ini adalah kegiatan yang sangat bagus, apalagi tadi dalam tahap-tahapan pendonorannya kita benar-benar tidak dipersulit sehingga membuat proses donornya lebih cepat”, tambahnya.

Ini bukan pertama kalinya bagi Khansa, sebelumnya ia sudah pernah melakukan donor darah. Hanya saja mengikuti kegiatan donor darah di kampus menjadi yang pertama kali baginya.

“Sebelumnya sih sudah pernah donor darah di PMI, Cuma kalau pas ada kegiatan donor darah ditempat-tempat gitu, ini baru pertama kali soalnya setiap ada kegiatan donor di suatu tempat pasti selalu penuh”, tuturnya.

Sebanyak 80 peserta sudah mendaftarkan diri sebagai pendonor, namun sebagaian peserta terkendala untuk hadir karena hujan lebat. Sehingga hanya 50 orang yang berhasil mendonorkan darahnya. Kegiatan ini dibuka secara umum, rata-rata pendonor terdiri dari kalangan mahasiswa, dosen, karyawan UBK, karyawan BNI hingga masyarakat setempat.

Kegiatan berlangsung singkat, hal ini dikarenakan pihak PMI ingin secepatnya membawa darah tersebut ketempat yang lebih layak demi menjaga kualitas darah.
Bramandaru berharap kegiatan ini bisa membantu kekurangan yang dialami oleh PMI DKI Jakarta sehingga mereka juga bisa dapat menunaikan Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Harapannya bakti sosial kita dapat, pengabdian sosialnya juga dapat dan berguna tentunya. Donor darah yang kita sumbangkan kepada PMI ini diharapkan sangat berguna”, ujarnya.

PMI sendiri merupakan sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI tidak memihak golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. PMI dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan pertolongan segera untuk keselamatan. (Fifiyanti A./MDP)