Marhaen, Jakarta- Resimen Mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) bekerja sama dengan staf komando resimen mahasiswa Jakarta mengadakan program donor darah di Aula Dr. Ir. Soekarno Kampus Kimia UBK, pada Selasa (11/01/2021).

Donor darah merupakan proses pengambilan darah dari seseorang secara sukerala untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan, biasanya darah yang dihasilkan akan disimpan di bank darah sebagai stok darah yang kemudian digunakan untuk transfusi bagi yang membutuhkan, untuk di UBK sendiri kegiatan donor darah sudah beberapa kali diadakan.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09:00 -12:30 WIB, para resipien dipersilahkan untuk mengisi data diri terlebih dahulu sebelum melakukan rangkaian proses donor darah selanjutnya dan dibimbing langsung oleh para panitia dari menwa dan 8 dokter dari PMI.

 egiatan ini turut mengundang Komandan Komando Nasional Menwa Indonesia Ahmad Riza Patria (wakil Gubernur DKI Jakarta) yang mendukung penuh diadakannya kegiatan bakti sosial ini oleh resimen mahasiswa.

Rinaldi Agusta Fahlevio selaku Warek III UBK menjelaskan bahwa "kegiatan donor darah sudah beberapa kali dilakukan di UBK, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat baik. Ia juga sangat mendorong seluruh mahasiswa di UBK agar mengikuti kegiatan bermanfaat seperti ini sehingga kegiatan ini terus berkesinambungan”.

“Harapan saya semoga kita bisa melakukan kegiatan yang sama, kalau tidak dikampus bisa juga di PMI, ataupun dimana saja, donor darah itu baik juga untuk kesehatan” Tambah Rinaldi

Pihak kampus sangat mendukung penuh terkait program donor darah yang diadakan, dengan memberikan dukungan berupa tempat dan beberapa teknis untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

 

(Foto: resipien sedang mendonorkan darah/ Maria Goreti Ceria)

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan menargetkan 200 resipien. Program ini merupakan kegiatan bakti sosial, yang berkorddinasi dengan kelurahan sekitar agar warganya ikut serta dalam kegiatan ini.

Geri seorang resipien mengatakaan bahwa "saya mengikuti kegiatan ini berdasarkan niat dari diri sendiri, sebagai aksi kemanusiaan. Dan efek sampingnya berupa pusing dan sedikit lemas” tuturnya kepada Reporter Marhaenpress ketika ditanyakan pada Selasa (11/01/2022)

Nabila selaku panitia mengatakan bahwa “ disamping aksi social kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan Menwa kepada mahasiswa UBK” tuturnya


Penulis : Maria Goreti Ceria

Editor : Ayu Gurning