(Foto : Pemaparan Materi Seminar oleh Ketua Program Studi Arsitektur/Anan)

Marhaen, Jakarta –  Program Studi Arsitektur Universitas Bung Karno (UBK) dan Seniman Rumah Seni Budaya Bekasi telah bekerja sama dalam melakukan Memorandum Of Understanding (MOU) untuk melaksanakan Panggung Bulan Bung Karno dengan tema “Refleksi dan Proyeksi Garis Perjuangan Ir. Soekarno” yang diselenggarakan  di Aula Dr. Ir. Soekarno Kampus Kimia UBK. Senin (12/06/2023).

Panggung Bulan Bung Karno merupakan memori untuk mengenang sejarah lahirnya presiden pertama di indonesia yaitu Ir. Soekarno sekaligus berdirinya Universitas Bung Karno pada tahun 1999. Mengenai kegiatan ini juga menjadi ujung tombak untuk menggelorakan semangat dan pemikiran bung karno dalam mengabdikan diri pada kepentingan rakyat, bangsa serta negara.

Tahun 2020-2022 telah terjadi pandemi Covid-19 yang menyebabkan vakumnya kegiatan di kampus, salah satunya dalam merayakan Bulan Bung Karno dan akhirnya di tahun 2023 sudah mulai kembali untuk dijadikan agenda bagi Prodi Arsitektur sejak tanggal 12-17 Juni 2023.

Kegiatan tersebut telah menjadi satu konsep yaitu “Seminar Nasional dan Pameran Lukisan Serta Pentas Seni Budaya” yang turut andil untuk menjalin program secara aktif bagi kreativitas mahasiswa dalam memperagakan kepada masyarakat umum, Adrianus Solo selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa,

“Targetnya memang dibuka untuk umum, lalu ini temanya seminar nasional artinya untuk seluruh indonesia. Yang kedua, seniman ini tidak hanya dari jakarta mereka juga datang jauh-jauh kesini untuk mengikuti acaranya dan target kita bukan cuma hanya internal,” ujar Adrianus.

Kemudian konsep yang telah dibuat juga untuk mengangkat karakter bagi Prodi Teknik Arsitektur Nusantara dan ingin dipersembahkan kepada khalayak umum sehingga kampus pun mendukung mahasiswa/i agar dituntut belajar mendalami jejak perjuangan sejarah bung karno yang memiliki motivasi dan penyemangat pada generasi saat ini maupun selanjutnya.

Program ini direncanakan hampir satu bulan lebih untuk bisa mengaitkan mahasiswa dari segi karya seni maupun sastra yang dibuat berdasarkan nilai estetika melalui pameran tentang tokoh bung karno dalam berbagai peristiwa sejarah masa lalu. Melihat ajang tersebut lukisan ini juga diwarnai dengan cat minyak pada skema gambar berbahan kanvas.

Alasan diadakannya pameran ini adalah menjadikan wadah seniman yang diharapkan mampu menularkan ide serta gagasan yang telah dilakukan bung karno agar tidak lupa dengan sejarahnya. Tentu acara ini juga menjadi media apresiasi seni, sekaligus sebagai sarana dengan mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa. Bukan hanya itu Adrianus menyampaikan dengan adanya acara ini bisa membuka jalan agar UBK dapat dikenal khalayak yang lebih luas.  

“Harapan dari terselenggara kegiatan ini bisa diekspos agar jumlah mahasiswa di UBK ini bisa terkenal dalam pengertian hal positifnya lebih banyak dan bertambah, maka salah satu tujuan terbesar dari panitianya adalah mengundang anak Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk dibagikan brosurnya yang bisa memberikan pemahaman kepada mereka dan menjangkau dalam bersekolah lagi,” tutupnya.




Penulis : Suandira Azra Badrianan
Editor : Na'ilah Panrita Hartono