(Foto: gedung perpustakaan ubk/michael)

Marhaen,Jakarta- Perpustakaan merupakan tempat yang menyimpan sejuta pengetahuan dan informasi menarik. Universitas Bung Karno (UBK) sendiri tentunya memiliki perpustakaan, menariknya layanan agar para mahasiswa membuka cakrawala dunia  tersebut mengoleksi bermacam-macam buku menarik mengenai bapak Proklamator mulai dari masa kecil beliau hingga masa perjuangannya yaitu pada rak khusus bernama Sukarno Corner

Dengan berbagai judul yang tersedia,  gedung ini menjadi tempat yang ideal bagi siapapun yang ingin menggali lebih dalam tentang sosok penting dalam sejarah Indonesia tersebut. JIka sobat marhaen senang membaca dan mengagumi sosok bapak Proklamator kalian bisa berkunjung ke perpustakaan UBK, terdapat beberapa buku yang wajib dibaca yang membahas tentang Sukarno. Berikut ini adalah ulasan dari lima buku yang bisa sobat marhaen temukan di perpustakaan tersebut.


1. "Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia" oleh Cindy Adams

(Foto: cover buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat/Michael)

Buku ini mengisahkan perjalanan hidup dan kontribusi Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dengan gaya penulisan yang menarik Cindy Adams membawa pembaca melintasi berbagai periode penting dalam sejarah nasional dan mengungkap sisi-sisi yang belum diketahui tentang sang proklamator.


2."Sarinah: Kewajiban Wanita Dalam Perjuangan Republik Indonesia" oleh Ir. Sukarno
(Foto: cover buku Sarinah/Michael)

Karya Soekarno yang berjudul Sarinah ini menceritakan peran kontribusi wanita pada jaman perjuangan kemerdekaan. Peranan wanita menurut beliau sangat berpengaruh penting dalam setiap gerakan oleh karena itu perlunya kesadaran melihat peran wanita nasionalis Indonesia dalam mewujudkan harkat dan martabatnya. Nama Sarinah sendiri diambil dari pengasuh dan pembantu yang sudah dianggap keluarga oleh beliau pada saat masih anak-anak. Sarinah lah yang mengajarkan rasa cinta dan rasa kasih kepada "orang kecil".


3. “Dibawah Bendera Revolusi” oleh Ir. Sukarno
(Foto: cover buku Dibawah Bendera Revolusi/Michael)

Buku adalah karya monumental terkait tulisan-tulisan Soekarno yang dihimpun menjadi 2 jilid. Buku "Di Bawah Bendera Revolusi" b8d.karya Soekarno menggambarkan pemikiran Soekarno tentang tiga konsep gerakan pra-kemerdekaan: nasionalisme, islamisme, dan marxisme. 

Soekarno mencari titik temu antara ketiga ideologi tersebut untuk mencapai persatuan dan mendirikan NKRI. Buku ini menawarkan wawasan mendalam tentang pemikiran dan upaya Soekarno dalam mempersatukan ideologi-ideologi tersebut dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

4. “Pendidikan Karakter Bangsa” oleh Ign. Gatut Saksono
(Foto: cover buku Pendidikan Karakter Bangsa/Michael)

Krisis karakter bangsa kita diduga oleh Soekarno, Ki Hajar Dewantara dan Romo Mangunwijaya sebagai akibat dari kurangnya kebebasan dan merdeka dalam karakter individu. Hal ini mengakibatkan hilangnya rasa nasionalisme, baik dalam melawan penjajahan fisik maupun penjajahan modal.

 Untuk memulihkan karakter yang sehat dan melawan penindasan, diperlukan jiwa merdeka pada guru, dosen, dan pemimpin yang dapat mendidik murid dan rakyat untuk memerdekakan bangsa serta memerdekakan karakter mereka sendiri.

5. “Tokoh-tokoh yang Mempengaruhi Pemikiran Bung Karno” oleh Sulaiman Effendi
 
(Foto: cover buku Tokoh-Tokoh Dunia yang Mempengaruhi Pemikiran Bung Karno/Michael)

Bung Karno bukan hanya politikus hebat, bapak pendiri bangsa, pejuang yang gigih, dan mantan presiden. Semasa hidupnya, Bung Karno aktif dalam pergulatan pemikiran. Ia mewariskan pemikiran-pemikiran yang besar yang berguna bagi bangsa ini hingga kini. Ketika berusaha mengembangkan pemikirannya, Bung Karno banyak menyerap pemikiran tokoh-tokoh lain.

 Salah satunya adalah marhaenisme yang diadopsi dari marxisme. Kendati demikian, ia selalu mengambil bagian-bagian yang dianggapnya relevan dalam perjuangan membebaskan negerinya. Selain Karl Marx terdapat tokoh-tokoh lain yang mempengaruhi Sukarno seperti HOS Tjokroaminoto, Douwes Dekker, Tan Malaka, Abraham Lincoln, Karl Kautsky, Gandhi, Ernest Renan, dan Lenin.

Dengan buku-buku tersebut, Anda dapat mengeksplorasi perjalanan hidup, kontribusi, pemikiran, dan perjuangan Bung Karno, serta mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang sejarah Indonesia dan kepemimpinan pada masa itu. Demikian rekomendasi buku-buku yang dapat sobat marhaen baca jika berkunjung ke perpustakaan UBK. Tentunya juga masih banyak lagi koleksi buku lain yang dapat ditemukan.



Penulis: Michael Gono Ate
Editor: Na'ilah Panrita Hartono