(Foto: gedung FIKOM UBK/Na'ilah)

Marhaen, Jakarta - Kabar membanggakan datang dari Program Studi Sistem Komputer  Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bung Karno di mana baru saja mendapatkan peningkatan akreditasi menjadi baik sekali berdasarkan keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM Infokom).

Akreditasi terdahulu berada di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) namun sejak ada undang-undang yang sudah merealisasikan bahwa penilaian akreditasi boleh dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Dengan adanya LAM, Universitas Bung Karno diminta untuk mengisi instrumen terkait dengan migrasi dari BANPT dengan standar 7 menjadi LAM dengan standar 9.

“Migrasi itu tidak otomatis, tapi kita harus mengisi kuisioner, kita harus kasih data yang cukup dan memenuhi kita akan berpindah di akreditasi B, kalo kita mau pindah kita harus memenuhi standar yang diberikan supaya mengarah ke yang baik sekali, kalau B itu dimigrasi harus masuk ke baik sekali”  tutur Alexius Ula Bani, selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Universitas Bung Karno (01/09/2023).

Penilaian akreditasi sistem komputer oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Informasi dan Komputer (LAM Infokom) kemarin, sekaligus menutup akreditasi batch dua yang dilaksanakan pada bulan Mei hingga Agustus. Terdapat dua syarat optional yang harus dipenuhi. Walaupun banyak yang mempersoalkannya perihal tersebut, hasil akhir keputusan akan ada di aksesor dan juga saat  presentasi.

“Jadi misal ada bagian a, b, c dari satu sampai sembilan, kemudian d, dan bagian e, kalau ini semua ada datanya maka syarat perlunya itu tidak perlu," ucap Alexis saat diwawancarai di ruangannya.

Persiapan menghadapi penilaian akreditasi ini tidak mudah, banyak tantangan dan hambatan yang dilalui dalam prosesnya. Kurangnya dokumen pendukung hingga format yang keliru menjadi salah satu hambatan yang harus dihadapi. Namun, dengan waktu yang singkat meski harus mengulang Sistem Komputer (SK) bisa memenuhi syarat untuk kenaikan akreditasi. 

Dengan adanya kenaikan akreditasi ini,  Program Studi SK memiliki harapan untuk kedepannya dan juga mengenai pengembangan apa yang akan mereka lakukan agar nilai mutu terus dapat meningkat.

“Kami punya future program, kita punya mimpi supaya kita jadi pusat pelatihan ilmu komputer di Jakarta Pusat, jadi siapapun yang lulus dari ilmu komputer dimanapun kalau memperdalam bisa disini, karena target kemarin pertama kita adalah kita harus ada di level sangat baik supaya step berikutnya bisa dikerjakan.”  tutup Alexis.




Penulis: Salsabila Ananda Nurhaliza

Editor: Na'ilah Panrita Hartono