(Foto: gedung baru FISIP UBK/Dinda) 

Marhaen, Jakarta - Gedung baru untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) yang terletak di kampus Kimia, Universitas Bung Karno (UBK) telah selesai pembangunannya dan seperti yang dikabarkan sebelumnya gedung ini dapat mulai ditempati pada awal semester tahun ajaran baru.

Gedung yang telah ditempati FISIP ini terdiri dari 3 lantai yang terdapat enam kelas dan ruangan fakultas. Namun, bangunan baru tersebut tidak memenuhi kebutuhan kelas dari FISIP itu sendiri karena total kelas yang dibutuhkan, yaitu 11 kelas yang terdiri dari dua kelas semester satu, tiga kelas semester tiga, tiga kelas semester lima, dan tiga kelas di semester tujuh. 

Pihak fakultas sendiri mengantisipasinya dengan sistem hybrid (setengah melakukan perkuliahan online, setengah melakukan perkuliahan offline). Namun, hal itu tidak menyelesaikan masalah kekurangan kelas tersebut karena masih terdapat kelas yang tidak mendapatkan ruangan. Hal ini selaras dengan apa yang dikatakan Fira selaku ketua kelas jurusan Ilmu Politik semester 3.

"Kita bingung nih untuk gedung baru ini, kayak hari Senin aturan kita ada kelas jam satu dan kita bentrok kelasnya. Nah, jadi kita harus ngalah sama mahasiswa baru kan. Jadi kita gak kebagian kelas untuk di gedung baru ini ya," pungkasnya pada Kamis (14/09/2023).

Selain kelas yang kurang, terdapat permasalahan lain dari fasilitas di gedung baru ini. Mahasiswa melaporkan bahwa ruangan terlalu sempit, tidak ada papan tulis atau alat tulis yang memadai, dan AC yang tidak berfungsi dengan baik di mana hal tersebut membuat pembelajaran terganggu. Sesuai dengan apa yang dikatakan Elsa selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi kelas 3 IKP 2 semester 3.

"Kalau untuk gedung sih puas-puas aja, tapi kalau untuk kelas kayaknya kurang ya. Itu AC nya kurang dingin sih, sama pas awal kita belum ada papan tulis, kurang ventilasi sama kelas kita belum ada gorden jadi pengap gitu loh ga ada ventilasinya apalagi kita sekelas ada 35 orang yah," ucap Elsa.

Di sisi lain terdapat mahasiswa yang justru senang akan perpindahan gedung FISIP ke kampus kimia karena puas akan fasilitasnya yang baik seperti kelas yang berukuran besar, AC yang dingin, dan toilet yang bagus, yaitu Ade, mahasiswa Ilmu Komunikasi kelas 3 IKP 1 semester 3.

"Untuk fasilitas sih di (kampus) kimia ini udah bagus ya, kayak dari AC nya dingin mungkin baru juga ya (AC nya) disini toiletnya juga bagus ya. Dan kalo kelas lebih suka di kimia yah karena lebih agak lega, terus lebih terang ya, lebih adem sih kalo disini juga," jawab Ade ketika ditanya mengenai fasilitas gedung.

Belum meratanya fasilitas di gedung baru ini membuat mahasiswa bertanya-tanya tentang alasan di balik hal tersebut dan bagaimana tanggapan pihak fakultas terhadapnya. Namun, saat ditemui langsung, pihak fakultas yang diwakili oleh Franky Paulus S.T. Roring selaku Dekan FISIP enggan memberikan pernyataan lebih lanjut mengenai masalah ini. Diharapkan masalah ini segera mendapat perhatian serius dan solusi yang memadai dari pihak berwenang.




Penulis : Dinda Aulia 

Editor : Bintang Prakasa