(Foto: cover film She Said/kompasiana.com)

Sutradara       : Maria Schrader

Produser        : Dede Gardner, Jeremi Kleiner

Penulis           : Rebecca Lenkiewicz

Genre         : Biographical Drama

Distributor    : Universal Picture

Durasi         : 129 menit 

Tahun Rilis    : 2022


She Said, film yang diadaptasi dari buku dengan judul yang sama bercerita mengenai Jodi Kantor seorang wartawan investigasi dari The New York Times menyelidiki kasus artis hollywood bernama Rose McGowan yang mengaku mendapat perlakuan kekerasan seksual dari Harvey Weinstrein. 

Kasus ini membuat Jodi ingin menjadi jembatan untuk mengungkap kebenaran dan memberikan keadilan bagi para korban kekerasan seksual. Bersama rekannya Megan Twohey bekerja sama menyelidiki kasus kekerasan seksual lain oleh Harvey di suatu lembaga bernama Miramax. 

Jodi dan Megan berusaha menghubungi semua orang yang dianggap bisa membantu dalam penyelidikan mereka. Setelah mengantongi nama korban dengan bantuan seorang pengacara bernama Lisa Bloom, Megan mulai mendatangi mereka untuk bertanya perihal kekerasan seksual yang mereka terima. Tentu saja ini bukan hal mudah untuk diceritakan sehingga ada korban yang menerima dan ada pula yang menolak untuk di wawancara. 

Jodi dan Megan mencari bagaimana cara meyakinkan para korban agar berani berbicara, mereka berpikir jika dilakukan bersama tidak akan ada lagi ketakutan dalam mengatakan sebuah kebenaran. Banyak faktor yang menyebabkan perempuan yang menjadi korban enggan untuk berbicara seperti ancaman, pemberian uang tutup mulut, dan mereka tidak ingin di label sebagai penggoda ataupun pembohong. 

Perempuan yang menjadi korban Harvey seperti tidak punya pilihan lagi selain mengikuti apa kemauan pria tersebut, penolakan mereka akan kalah dari kekuasaan yang dimiliki oleh Harvey sehingga mereka hanya bisa pasrah dan menerima keadaan serta Harvey yang tidak dapat dihukum menyebabkan kekerasan seksual yang ia lakukan berlanjut kepada korban yang lain. 

Dengan adanya pengakuan para korban sejauh ini, Harvey melalui pengacaranya Lany Davis bertemu dengan Megan dan Jodi. Harvey menolak seluruh tuduhan kekerasan seksual yang dilakukan oleh dirinya. Namun, catatan yang berisi kesaksian Lauren O’Connor mengenai perbuatan kekerasan seksual yang dilakukan oleh Harvey diterima oleh Jodi melalui Irin Reiter, mantan karyawan Marimax yang menjadi titik terang. Lalu satu per satu korban mulai memberanikan diri mereka untuk berbicara sehingga berita dapat dipublikasikan dan korban mendapat keadilan yang mereka idamkan. 

Kelebihan dalam film ini adalah kita bisa mempelajari bagaimana pendekatan yang dilakukan oleh seorang wartawan saat ingin mewawancarai korban dengan tidak langsung bertanya kepada intinya melainkan dilakukan percakapan awal sebagai salah satu cara agar narasumber nyaman saat kita memberikan pertanyaan kepada mereka.

Pembahasan yang diangkat dalam film ini mungkin menjadi salah satu kelemahan karena bagi beberapa orang kasus dalam film ini mungkin terlalu dalam sehingga tidak cocok bagi orang yang ingin mencari tontonan ringan atau hiburan semata. 




Penulis : Salsabila Ananda Nurhaliza

Editor : Bintang Prakasa