Rizky Awalianti

Saat ini kita sering mendengar tentang adanya aksi donor darah masal yang sering diadakan oleh PMI (Palang Merah Indonesia). Kegiatan tersebut merupakan cara PMI untuk meningkatkan rasa solidaritas masyarakat membantu para korban kecelakaan, korban bencana alam, pasien Rumah sakit, penderita talasemia mayor dan beberapa orang yang sangat membutuhkan darah untuk berbagai alasan penting lainnya.

Dilihat dari beberapa aspek, Donor Darah banyak sekali manfaatnya, Diantaranya :

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan
Seperti, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan produksi darah, melindungi jantung, menurunkan kolestrol, pikiran menjadi lebih stabil, dan manfaat besar bagi kesehatan lainnya.

Manfaat Donor Darah bagi Kecantikan
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Donor Darah dapat membuat pikiran menjadi lebih stabil, di saat seperti itu pemikiran akan menjadi lebih tenang dan dengan ketenangan tersebut akan terpancar aura tersendiri dari tubuh anda.
Sebelum donor darah biasanya pendonor akan di test kesehatan seperti, tes golongan darah, tes penyakit darah (anemia, hiv/aids, dsb), pengecekan tekanan darah, kadar hemoglobin hingga berat badan yang diperiksa secara gratis oleh tenaga ahli kesehatan.
Selain manfaat-manfaat yang ada di atas, dengan anda mendonorkan 1 kantong darah maka anda telah menyelamatkan 3 nyawa manusia. Begitu besar efek yang terkandung apabila anda menyelamatkan nyawa seseorang, selain pahala anda juga akan merasakan bahagia yang luar biasa saat membantu orang-orang yang sedang dalam kesulitan.
Kriteria umum dari PMI bagi yang ingin mendonorkan darah ialah : pendonor antara usia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, mengikuti tes kesehatan yang terdapat di acara donor darah tersebut serta mengisi formulir pendaftaran umum.
For your information bagi pendonor yang rutin mendonorkan darahnya sel-sel darah merah akan meregenerasi selama 48 jam setelah melakukan donor darah dalam waktu-waktu tersebut volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru setidaknya sel darah baru sudah terbentuk setelah 4-8 minggu dan membantu setiap organ tubuh, dengan begitu tubuh akan terasa lebih segar dan sehat serta produktif dalam melakukan berbagai aktivitas.

Jadi, apalagi yang perlu dipikirkan , jangan pernah takut untuk berbuat baik pada banyak orang bagaimana jika kita ada diposisi pasien tersebut. Semua yang kita lakukan tidak mungkin ada yag sia-sia, AYO DONOR DARAH mulai dari sekarang. Gimana caranyanya ?? silahkan buka http://pmidkijakarta.or.id/  atau  http://pmi.or.id/
Mari bantu mereka yang membutuhkan, selamat mencoba dan semoga kita selalu dalam keadaan terbaik dalam hidup, dan tetap lah berbuat yang terbaik dalam hidup.


Sumber