(Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memberikan sambutan dalam acara lomba stand up comedy/Elisabeth)

Marhaen, Jakarta- Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) Republik Indonesia (RI) gelar Lomba Stand Up Comedy bertajuk “Kritik DPR”. Lomba ini diadakan dalam rangka HUT DPR RI ke-74 Di lobi Gedung Nusantara lll, Selasa (10/9/19).

Kesungguhan DPR RI untuk berbenah agar menjadi sebuah lembaga negara yang transparan serta terbuka ditunjukan dalam HUT DPR RI ke-74 dimana kali ini banyak rangkaian acara yang langsung bersentuhan dengan masyarakat mulai dari jalan sehat empat pilar, syukuran, bahkan tak tanggung-tanggung DPR RI juga gelar Lomba Stand Comedy yang bertajuk “Kritik DPR.”

Effendi Gazali selaku panitia lomba menerangkan bahwa  DPR RI merupakan satu satunya parlemen yang berani mengadakan kegiatan untuk mengkritik diri sendiri.

"DPR RI satu-satunya parlemen di dunia yang mengadakan lomba kritik dalam bentuk stand up comedy dan dilaksanakan di rumahnya sendiri, dia pun menuturkan perlunya kritik dalam suatu lembaga terlebih kepada lembaga negara seperti DPR ini." Ucap Effendi

"Maka itu, kritik dibutuhkan dalam suatu lembaga agar lembaga tersebut maju karena kritik, saran dan usulan," sambungnya

Di tempat yang sama, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan bahwa selama ini DPR tidak anti kritik apa lagi menutup diri.

"Kami di DPR tidak anti kritik atau menutup diri, tetapi kritik membangun yang kita butuhkan, karena itu silakan kritik dan kami akan kasih hadiah,” kata Bambang Soesatyo.

Politisi Golkar tersebut juga menambahkan bahwasannya DPR ingin mengajak rakyat khususnya para milenial agar selalu kreatif dalam cara menyampaikan pendapat.

“kritik ini harus dijadikan tradisi, harus ditumbuh kembangkan melalui cara yang attractive salah satunya lewat humor. Jadi nggak melulu lewat aksi atau orasi, sehingga kritik yang disalurkan terasa lebih segar” tambah Politisi Golkar tersebut.

Acara  yang di hadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Fahri Hamzah serta Anthon Sihombing ini berlangsung dengan lancar serta dipenuhi dengan gelak tawa dan riang oleh para tamu undangan.

(Penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba Stand Up Comedy oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo/Elisabeth) 

Adapun acara Stand UP Comedy DPR RI 2019 ini menghadirkan empat juri yakni ; Effendi Gazali, Iwel Sastra, Moh Sidik dan Abdel Achrian dan diikuti oleh 13 peserta finalis lomba.

Di akhir acara Juri mengumumkan tiga pemenang yakni; Yudha Ilham mendapatkan Juara Pertama dengan hadiah uang tunai sebesar Rp. 25 juta, kemudian di susul oleh Muhammad Aljapri yang memdapatkan Juara Kedua dengan hadiah uang tunai sebesar Rp.15 juta, serta Oby Mesa mendapatkan  Juara Ketiga  dengan hadiah sebesar Rp. 10 juta. Sementara untuk Juara Favorit yang dipilih langsung oleh Ketua DPR RI, dimenangkan oleh Ical Katen dengan hadiah 1 unit sepeda motor.

Pewarta : Elisabeth Simanjuntak/CA