(Foto: Tampak jembatan gantung, salah satu spot wsata alam yang berada di Situ Gunung, Sukabumi/Anissa)

Marhaen, Sukabumi – Situ Gunung merupakan objek wisata alam yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Salah satu spot yang memanjakan mata yakni  jembatan gantung (suspension bridge) yang baru diresmikan pada 9 Maret 2019. Jembatan gantung Situ Gunung ini diklaim jembatan terpanjang di Asia tenggara yang membentang di atas hutan.

Banyak pengunjung lokal dan mancanegara datang berbondong-bondong untuk menikmati sensasi jembatan suspension bridge tersebut, “wah panjang banget jembatannya sekitar 243 meter  kayanya. Tingginya sekitar 161 meter di atas lembah,” tutur Nurul Izzah (19), wisata asal Jakarta Selatan yang pernah melintasi dan menikmati pemandangan di atas jembatan gantung, Situ Gunung (24/11/2019).

Jembatan gantung yang membelah lembah itu berada di kawasan Situ Gunung salah satu destinasi wisata alam yang tak jauh dari Jakarta dan Bogor. Perjalanan ke sana hanya memakan  waktu kurang lebih sekitar 2 jam, cocok banget untuk kalian yang ingin sekadar menyempatkan waktu untuk refreshing ketika penat melanda dengan kesibukan harian. 

Tentunya budget yang harus kalian keluarkan untuk perjalanan ke sana pastilah terjangkau, kalian hanya perlu mengeluarkan budget untuk naik kereta atau bus, transportasi  PP (pulang-pergi) dari stasiun Paledang ke Situ Gunung, biaya tiket masuk ke Situ Gunung, berjalan di jembatan gantung, dan biaya pengeluaran untuk makan. 
Untuk menikmati indahnya pesona alam dari jembatan gantung, Situ Gunung kalian hanya cukup mengeluarkan kocek Rp 50.000 rb dan harus menunggu beberapa waktu, karena oleh petugas hanya diberi sekitar empat  puluh orang secara bergantian untuk berjalan di atas jembatan tersebut.

Tentu bukan hanya jembatan gantung yang hanya bisa kita nikmati di Situ Gunung, di sana juga terdapat Curug Sawer, Danau Cimaracun, dan pemandangan yang sangat menyejukan mata. Lebatnya pohon-pohon, danau, curug (air terjun), dan pemandangan lembah yang pastinya membuat mata kian segar. 

Menurut penuturan Nurul Izzah pengeluaran budget untuk pergi ke Situ Gunung, ia hanya menghabiskan sekitar Rp 300.000 rb, tanpa menginap. 

Izzah pun mengatakan bila hendak ke wisata alam Situ Gunung pakailah pakaian yang nyaman di tubuh, "Akses nya agak ribet, jadi kalau mau kesana usahain pakai baju yang nyaman. Terutama ke air terjun, pastiin dulu kondisi kita sehat soalnya jaraknya lumayan jauh dan jalan kaki," katanya.

Dan juga yang perlu diperhatikan ketika berlibur ke sana yaitu harus memperhatikan cuaca, jalur, dan papan arah agar tidak tersesat, jadwal di stasiun paledang tujuan Sukabumi-Bogor dan Bogor-Sukabumi agar tidak ketinggalan kereta ketika liburan sehari dan tidak berniat untuk menginap. 

Penulis: Annisa Safira Syarif
Editor  : Chaerul Anwar