(Foto : Poster UBK ikut berpartisipasi di IEL University 2021/Vidio.com)


Marhaen, Jakarta – Untuk pertamakalinya dalam sejarah Universitas Bung Karno (UBK) mengikuti ajang turnamen esports antar Perguruan Tinggi diseluruh Indonesia yang diselenggarakan Indonesian Esport League University Series dan UBK berhasil lolos kualifikasi pertama pada Senin, (23/11/2020).

IEL University Series 2020 ini merupakan sebuah kompetisi esports resmi untuk tingkat universitas di seluruh Indonesia. IEL University Series 2019 juga didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA). Ajang kompetisi ini juga disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF), dan nantinya IEL University Series akan menjadi bagian dari liga universitas resmi dibawah naungan IESPA.

Diketahui, UBK sendiri mempunyai tim esport bernama UBK E-Sport. Tim ini baru dibentuk pada 6 November 2020 dengan berisi beberapa divisi permainan diantaranya adalah PUBG Mobile (Player Unknown's Battlegrounds Mobile), DotA 2, Free Fire, Mobile legends, dan CSGO (Counter Strike Global Offensive).

UBK E-Sport menurunkan dua divisi dari tim esportsnya, yaitu divisi PUBG Mobile dan DotA 2. Hal ini menjadi pengalaman pertama bagi tim UBK E-Sport dalam mengikuti turnamen esport antar perguruan tinggi dan langsung membawa kemenangan dibabak kualifikasi pertama.

Bagus Sugiarso, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBK, selaku Kapten dari tim UBK E-Sport mengatakan para pemain sangat yakin dengan kemampuan mereka dan yakin bisa memberikan hasil yang terbaik dalam turnamen ini.

“Kita harus optimis sih, karena it's the first time UBK E-Sport unjuk gigi didunia esports dan langsung ikut kejuaraan nasional seperti IEL University League sekarang ini" kata Bagus saat diwawancara Marhaenpress via WhatsApp. Rabu, (25/11).

Ia mengaku sangat bangga dengan hadirnya UBK E-Sport dan berharap dengan terbentuknya tim UBK E-Sport ini bisa membawa dampak positif bagi para mahasiswa Universitas Bung Karno khususnya bagi game lovers.

"Kita sangat excited karena tim esports ini bisa membuka peluang bagi mahasiswa yang memiliki bakat terpendam dibidang game," tambahnya. 

Selain itu, Bagus juga menjelaskan bahwa tim UBK E-Sport tidak hanya akan berhenti sampai turnamen ini saja tapi akan terus mengembangkan tim Esport tersebut. 

“Kedepannya UBK E-Sport bakal mencari lagi bibit-bibit profesional player yang ada dikampus ini" pungkasnya.

Seperti yang diketahui, Esports (electronic sports) adalah olahraga yang sedang banyak digandrungi di era milenial ini, khususnya bagi para kaum pemuda. Esports merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video (video game) dengan lebih dari satu pemain (multiplayer), Umumnya antara para pemain profesional. Melihat majunya perkembangan dunia esports memicu banyak kalangan milenial di lingkungan Perguruan Tinggi membuat tim esports mereka sendiri.


Penulis : Riandika Arya
Editor   : Chaerul Anwar