Foto : Suasana saat berlangsungnya Webinar Via Zoom (21/01) / Bunga

Marhaen, Jakarta Fakultas Hukum Universitas Bung Karno menggelar webinar yang bertemakan “Arbitrase sebagai Alternative Penyelesaian Sengkera Luar Pengadilan yang  memastikan Indonesia memasuki Arena Ekonomi Integrasi.” pada Kamis, 21/01/21 Via zoom meeting.

Acara yang berlangsung menghadirkan lima narasumber antara lain Anangga W. Roosdiono,S.H., LL.M., FCBArb selaku Ketua Badan Arbitrase diwakili oleh Eko Dwi Prasetyo, Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CTLC., CMLC sebagai Presiden Direktur Justia Training Center, Advokat, Mediator, Kurator dan Pengurus Alumni DPC PERMAHI DKI JAKARTA, Sandi Ebenezer Situnkir S.H., M.H.. Selaku Ketua Umum Advokat Indonesia Maju, serta  Billy Matindas, S.H., M.H. sebagai Akademisi Hukum Universitas Bung Karno.

Webinar ini diselenggarakan oleh mahasiswa fakultas hukum Semester 7 Universitas Bung Karno sebagai suatu tolak ukur mencapai satuan standart dalam perkuliahan di bidang alternatif penyelesaian sengketa.

"Berhubung webinar tersebut untuk memenuhi matakuliah alternatif penyelesaian sengketa,jadi tema juga harus di korelasikan dengan matakuliah tersebut disisi lain alternatif penyelesaian sengketa (arbitrase) ini akan ada pengaruh nya ke sisi Ekonomi, maka kami mengharapkan dengan webinar tersebut di kupas sampai tuntas agar kita lebih memahami lagi dampak penyelesaian sengketa ke sisi Ekonomi" ungkap Andri Reforto selaku Ketua Pelaksana saat dihubungi Via WhatsApp ( Minggu, 24/01/2021)

Webinar yang bertemakan “Arbitrase sebagai Alternative Penyelesaian Sengkera Luar Pengadilan yang  memastikan Indonesia memasuki Arena Ekonomi Integrasi” ini dihadiri oleh 337 peserta, dimulai pukul 13.00 WIB via Zoom dan juga disiarkan secara live melalui Youtube Universitas Bung Karno.

Saat berlangsungnya webinar terdapat beberapa kendala teknis yaitu terjadi gangguan pada koneksi hingga tampilan acara untuk webinar tersebut, sehingga mengakibatkan keterlambatan rangkaian acara sekitar 30 menit.

“kalau terkait hal itu saya memaklumi karena gangguan tersebut bukan suatu hal yang disengaja, tapi bagi saya juga, hal biasa juga setiap kendali panitia. Apa lagi dengan situasi online begini, yang setiap saat jaringannya belum tau kita pasti bisa bagus tiap hari, jadi harus siap ambil resiko.” Ungkap Andri Reforto selaku ketua pelaksana saat dihubungi Via WhatsApp ( Minggu,24/01/2021)

Andri Reforto Hutagalung selaku Ketua Pelaksana webinar ini mengungkapkan merasa sangat bangga dan bahagia bisa membuat acara webinar tersebut dan bisa menghadirikan narasumber-narasumber hebat dengan peserta yang melebihi perhitungan panitia sebelum acara, dan ini akan menjadi proses-proses berharga dan akan dijadikan landasan berproses untuk selanjutnya. Andri Reforto juga menghimbau untuk wabinar kedepannya harus lebih maksimal lagi dan persiapan harus lebih dimatangkan lagi, terkhusus hal-hal yang dari kecil hingga besar, dan juga terkait dengan wabinar seperti ini harus dipersiapan oleh orang dibidang terkait.


Penulis : Bunga Nabila Puji Lestari

Editor   : Ayu Gurning