(Foto: sedang berlangsungnya acara/Bintang)

Marhaen, Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Karno (BEM FH UBK) menggelar Rapat Pleno yang diadakan di Ruang Peradilan Semu FH UBK, Kampus Kimia. Kamis (08/06/2023).

Digelarnya Rapat Pleno tersebut bertujuan agar BEM FH UBK memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang jelas, supaya pada kepengurusan BEM selanjutnya dikatakan legal atau sah. 

Namun, meski acara belum sepenuhnya dimulai, tetapi telah menuai protes dari salah satu mahasiswa Fakultas Hukum. Ia menyampaikan bahwa Rapat Pleno diadakan untuk membahas kepengurusan BEM dan tak seharusnya ada sidang di dalamnya.

"Yang perlu kawan-kawan ketahui adalah rapat pleno adalah rapat yang membahas kepengurusan BEM. Rapat Pleno itu membahas soal program kerja dan hal-hal untuk kedepannya, tetapi dalam agenda ini dilanjutkan dengan persidangan. Artinya ini sudah cacat dari awal perlu kawan-kawan ketahui, " ujar Melky selaku pengurus BEM FH UBK.

Akan tetapi, Alda Zelfiana selaku Bendahara Umum BEM FH UBK menyanggah pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa jika mengatakan acara ini cacat, maka ini sudah cacat dari 2018.

"Jika membahas soal cacat, artinya itu sudah cacat dari 2018 karena tidak menggunakan AD/ART dalam pemilihan. Kenapa diadakan rapat ini, karena ada situasi khusus yang mengharuskan kita harus membentuk AD/ART supaya proses pemilihan selanjutnya menggunakan AD/ART yang baik dan benar," tegasnya.

Ia menambahkan, tujuan diadakannya Rapat Pleno tersebut adalah untuk membuat kerangka atau draft dari AD/ART BEM FH bukan untuk langsung mengesahkannya. Di mana hal tersebut akan dibahas kembali dalam forum tertinggi BEM FH, entah itu pada Pemilihan Raya (Pemira) ataupun Musyawarah Besar (Mubes). 

Alda juga mempertanyakan kehadiran dari Melky ketika dilaksanakannya rapat sebelum diadakannya rapat pleno yang bahkan tidak hanya sekali diadakan, di mana pada rapat tersebut tidak hanya membahas AD/ART, melainkan membahas semua hal mengenai kepengurusan BEM. 

"Ketika ada rapat, kita sudah berapa kali rapat untuk pembentukan ini, kalian kemana, rapat itu sudah dilakukan berkali kali. Penggagas AD/ART itu hasil dari rapat kita di BEM dan itu bukan membahas AD/ART saja tetapi semuanya," tambahnya.

Pada akhirnya, Rapat Pleno yang diadakan BEM FH berakhir diskors. Melalui akun Instagram BEM FH sendiri, rapat tersebut akan kembali dilanjutkan pada Senin, 12 Juni 2023.



Penulis : M. Zacki P. Nasution

Editor : Bintang Prakasa